Puskesmas Tegalangus Targetkan 3.713 Anak Balita Mendapatkan Vitamin A
Kamis, 23 November 2022 10:16:09
DESA TEGAL ANGUS
Puskesmas Tegalangus Targetkan 3.713 Anak Balita Mendapatkan Vitamin A

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tegalangus menargetkan 3.713 anak balita di 6 Desa Kecamatan Teluknaga, untuk mendapat suplemen vitamin A.

Kepala Puskesmas Tegalangus, dr. Allan Sartana mengatakan, meski di tengah pandemi COVID-19 Puskesmas Tegalangus terus berupaya untuk memaksimalkan program pemberian vitamin A kepada para balita khususnya di wilayah Kecamatan Teluknaga.

Dia mengatakan, pemberian vitamin A ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan setiap bulan Februari dan Agustus. Pada kedua bulan tersebut, dilakukan pembagian suplemen vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A kapsul merah juga dapat diberikan kepada ibu yang sedang dalam masa nifas.

"Dalam pelaksanaannya, kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker dan menjaga jarak," ujarnya.

Untuk mekanisme pemberian vitamin, lanjut Allan, dilakukan secara bergiliran dengan mendatangi keenam desa sasaran, yaitu Desa Tanjung Burung, Desa Tanjung Pasir, Desa Muara, Desa Lemo, Desa Tegalangus dan Desa Pangkalan.

"Kami upayakan pada bulan Februari ini pemberian vitamin A bisa selesai dan target sasaran terpenuhi," tambah dr. Allan.

Mengingat kesehatan anak sangatlah penting, dia mengajak kepada para orang tua untuk selalu rutin membawa anak-anaknya ke posyandu terdekat agar tumbuh kembang dan kesehatan anak lebih terjamin. "Jangan merasa bosan demi kesehatan dan tumbuh kembang buah hati kita, berikan yang terbaik untuk mereka salah satunya dengan rutin membawa mereka ke posyandu," ucapnya.

Sebagai informasi, vitamin A/Retinol sangat penting untuk pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi dan juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi, seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), campak, dan juga diare.

Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2023

Data belum diinput

APBDes 2022

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2022

Data belum diinput